ENG | ID

Ikuti Kami

berita

logo_ojk

AFTECH WEBINAR: “Mengelola Keuangan Pribadi dan Usaha di Tengah Pandemi COVID-19”

28 April 2020

Jakarta, 28 April 2020 – AFTECH kembali menyelenggarakan webinar untuk publik dengan mengangkat topik pengelolaan keuangan untuk pribadi dan UMKM. Walaupun saat ini Indonesia sedang menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar, AFTECH tetap berkomitmen dalam memberikan program edukasi dan literasi melalui penyelenggaraan webinar bagi komunitas. Webinar kali ini mendapatkan antusiasme yang cukup besar, sebanyak 84 peserta turut berpartisipasi. Selain kesehatan, pandemi COVID-19 juga berdampak pada perekonomian masyarakat, terutama sektor UMKM yang sangat rentan terdampak langsung. Sektor UMKM mengalami penurunan permintaan yang diikuti dengan penurunan volume transaksi serta peralihan penjualan luring ke daring (offline to online) pun menjadi tantangan tersendiri bagi UMKM. Oleh karena itu dibutuhkan solusi dan pengelolaan keuangan untuk mempertahankan bisnisnya.

Sesi pertama webinar dibawakan oleh Radityo Triatmodjo, Head of Public Policy and Government Relations, Shopee. Radityo membawakan topik tentang Sinergi Pelaku UMKM, E-Commerce dan Fintech untuk Meningkatkan Daya Beli Masyarakat”. E-commerce menjadi salah satu tumpuan yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk merubah penjualan yang semula luring ke daring. Menurut Radityo, Shopee berkomitmen dalam memberikan penyampaian materi secara online dan melakukan Edukasi dan monitor secara berkala bagi UMKM yang baru saja go online maupun UMKM yang sudah memasarkan produknya di Shopee. Bentuk edukasi yang telah diberikan Shopee berupa endampingan dan materi pengembangan bisnis, serta cara-cara untuk meminimalisir risiko penyebaran virus di area toko/gudang. Radityo berharap e-commerce membantu umkm meningkatkan stimulus ekonomi di masa pandemi COVID-19.

Webinar dilanjutkan dengan pembahasan topik “UMKM Sebagai Prioritas untuk Pertolongan Pembiayaan Ekonomi” oleh Ilona Gunawan, Tenaga Ahli Perpajakan dan Pembiayaan, SMESCO. Ilona memaparkan bahwa SMESCO berkomitmen dalam membantu UMKM dalam sisi pemasaran terutama pada masa pandemi ini. SMESCO terus memastikan UMKM dapat bertahan dan meningkatkan bisnisnya. Salah satu upaya yang diberikan adalah melalui pendampingan online bersama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM Saat ini secara daring melalui pelatihan webinar maupun online talkshow Sesi terakhir, dibawakan oleh salah satu anggota AFTECH dari sektor Financial Planner yaitu Adjie Wicaksana, CEO & Co-Founder, Halofina. Pada kesempatan tersebut, Adjie memberikan tips dan trik terkait “Financial Planning yang Matang, Berani Bertahan dan Bangkit di Tengah Pandemi COVID-19”. Poin menarik yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan keuangan di masa pandemi ini adalah dalam mengantisipasi risiko terutama dalam perubahan pendapatan maupun perubahan biaya kehidupan sehari-hari.

AFTECH berharap webinar ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta yang ikut serta. Rekaman berbagai kegiatan webinar AFTECH dapat di akses melalui akun resmi youtube AFTECH: https://youtu.be/WWcYNXiZhoM

SHARE
Komentar
Mohon isi nama anda
Mohon isi email anda dengan benar
Mohon isi komentar anda
PREV POST

Laporkan
Kepada Kami

021 - 29601419

Senin - Jumat, pukul 08.00 - 17.00 WIB

X
Mohon isi nama anda
Mohon isi email anda dengan benar
Mohon isi platform aplikasi anda
Mohon ceritakan masalah anda
Mohon pilih file anda

Welcome Fintech
Members!

X

Sign in here to access your profile and search for other members

Mohon isi email anda
Mohon isi password anda

Remember Me