ENG | ID

Ikuti Kami

berita

logo_ojk

Ensuring The Bright Future of Indonesian Fintech

31 January 2020

berita02

Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH), asosiasi yang menaungi seluruh perusahaan fintech di Indonesia, kembali menghadirkan “Fintech Talk”, kegiatan talk show bulanan yang terbuka bagi publik, komunitas fintech, media, dan pemangku kepentingan lainnya. Seiring berkembangnya sektor teknologi finansial di tanah air dari waktu ke waktu, para pelaku semakin dituntut untuk terus memperkuat kemanan data di sistem layanan yang ditawarkan. Oleh karena itu, Fintech Talk kali ini mengangkat topik “Transformasi Digital dan Pentingnya Keamanan Data Pribadi”. Untuk memperkaya wawasan, AFTECH turut mengundang para pelaku yang telah memiliki pengalaman panjang untuk berinovasi dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman dalam bertransaksi finansial, salah satunya yaitu Mastercard Indonesia.

Ketua Harian AFTECH Mercy Simorangkir mengungkapkan bahwa AFTECH sebagai Asosiasi Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD), yang ditunjuk resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berkomitmen untuk selalu mendukung perkembangan ekosistem fintech di Indonesia melalui berbagai program edukasi yang dilakukan secara rutin. “Kami melihat topik transformasi digital dan keamanan data pribadi merupakan satu isu sangat penting yang mempunyai dampak luas kepada seluruh ekosistem fintech. Oleh karenanya kami memilih untuk membahas topik ini di penghujung tahun,” ujar Mercy.

Berkenaan dengan topik hari ini, berawal dari semakin maraknya perkembangan layanan teknologi finansial di tanah air, sehingga keamanan data pribadi dituntut untuk ditingkatkan secara terus-menerus. Mastercard Indonesia, selaku pendukung acara, membagikan pandangannya terkait hal tersebut. Secara garis besar, di samping beragamnya sistem keamanan yang telah ada, kesadaran pelanggan dalam membatasi penyebaran data mereka adalah hal paling mendasar dan krusial dalam menjaga kerahasiaan data pribadi.  Lebih jauh lagi, saat ini, semakin banyak layanan digital yang menawarkan kemudahan bertransaksi dengan cara menyambungkan informasi pribadi, seperti kartu kredit, sehingga kesadaran individu untuk membatasi informasi semakin diperlukan.

Menjawab persoalan pembatasan informasi data pribadi tersebut, Mastercard telah melengkapi para penggunanya dengan Mastercard Digital Enablement Service (MDES), di mana layanan ini akan menggantikan kredensial kartu asli pelanggan dengan tokenisasi unik, sehingga memungkinkan pelanggan menyembunyikan data kartu, bahkan dari merchanttempat pelanggan bertransaksi. Hal ini pada akhirnya diharapkan dapat membantu para pelanggan lebih merasa aman dan nyaman saat melakukan transaksi di merchant digital kesayangan mereka.

Fintech Talk merupakan acara rutin bulanan yang diadakan oleh AFTECH yang membahas berbagai isu penting di dalam perkembangan industri fintech tanah air. Acara ini terbuka untuk umum, komunitas fintech, media dan perusahaan anggota AFTECH. Sebagai asosiasi, AFTECH berkomitmen untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia melalui berbagai program dan kegiatan. 

SHARE
Komentar
Mohon isi nama anda
Mohon isi email anda dengan benar
Mohon isi komentar anda

Laporkan
Kepada Kami

021 - 29601419

Senin - Jumat, pukul 08.00 - 17.00 WIB

X
Mohon isi nama anda
Mohon isi email anda dengan benar
Mohon isi platform aplikasi anda
Mohon ceritakan masalah anda
Mohon pilih file anda

Welcome Fintech
Members!

X

Sign in here to access your profile and search for other members

Mohon isi email anda
Mohon isi password anda

Remember Me